Rabu, 30 Juni 2010

KRIMINOLOGI

BK. WAJIB DAN ANJURAN:

  1. PENGANTAR KRIMINOLOGI : W.A. BONGER
  2. ASAS-ASAS KRIMINOLOGI : EDWIN SUTHERLAND
  3. BUNGA RAMPAI KRIMINOLOGI : ROMLI ATMASASMITA
  4. TEORI DAN KAPITA SELEKTA
  5. KRIMINOLOGI : ROMLI ATMASASMITA.
  6. KAPSEL HK PIDANA DAN KRIMINOLOGI : ROMLI . A
  7. COMPARATIVE RIMINOLOGY : HERMANN MANHEIM
  8. THE OTHER SIDE OF CRIMINOLOGY : G. PETER HOEFNAGLES
  9. TEORI DAN KEBIJAKAN PIDANA : MULADI DN BARDA NAWAWI

n KRIMINOLOGI …….

1. PAUL W TAPPAN BAHWA CRIME FUNDAMENTAL SUBJECT MATTER OF CRIMINOLOGY:

a. THE NATURE, PREVELENCE, AND CAUSATION OF CRIME (SIFAT, PERKEMBANGAN DAN SEBAB AKIBAT KEJAHATAN);

b. THE PROCEDURE AND MAJOR PROBLEMS IN THE ADMINISTRATION OF JUSTICE (PROSEDUR DAN PERMASALAHAN POKOK DALAM PERADILAN);

c. THE METHODS OF CORRECTIONAL TREATMENT (METODA-METODA DALAM PERLAKUAN TERHADAP NARAPIDANA).

2. E.H. SUTHERLAND, KRIMINOLOGY : A BODY OF KNOWLADGE REGARDING CRIME AS SOCIAL PHENOMENON. (KUMPULAN PENGETAHUAN YANG MEMBAHAS KEJAHATAN SEBAGAI SUATU GEJALA SOSIAL).

MENURUT SUTHERLAND LUAS LINGKUP KRIMINOLOGI, MELIPUTI HUBUNGAN YANG ERAT ANTARA :

a. PROCESSE OF MAKING LAWS , DIBAHAS OLEH SOSIOLOGI HUKUM PIDANA ( SOCIOLOGY OF CRIMINAL LAW).

b. PROCESSES OF BREAKING LAWS , DIBAHAS OLEH ETIOLOGI KEJAHATAN DAN PSYKOLOGI SOSIAL DAN TINGKAH LAKU KRIMINAL.

c. REACTING TOWARD THE BREAKING LAWS, DIBAHAS OLEH SOSIOLOGI PEMIDANAAN DAN PEMENJARAAN (THE SOCIOLOGY OF PUNISHMENT AND CORECTION).

3. HERMANN MENHEIM DALAM BUKUNYA “COMPARATIVE CRIMINOLOGI 1965”:

KRIMINOLOGI DALAM ARTI SEMPIT : MEMPELAJARI KEJAHATAN DALAM ARTI YURIDIS.

KRIMINOLOGI DALAM ARTI LUAS : MEMPELAJARI KEJAHATAN DAN PENOLOGI / PENGHUKUMAN.

4. STEPHEN SCHAFER DALAM BUKUNYA “ THEORY OF CRIMINOLOGY”, KRIMINOLOGI MEMPELAJARI:

a. USAHA MENJELASKAN SEBAB MUSABAB TINGKAH LAKU KRIMINAL

b. REHABILITASI KRIMINAL

c. EFISIENSI SISTEM PEMIDANAAN

5. W.A. BONGER KRIMINOLOGI ADALAH ILMU PENGETAHUAN YANG BERTUJUAN MEMPELAJARI KEJAHATAN DALAM ARTI SELUAS-LUASNYA.

DALAM ARTI LUAS : MEMPELAJARI KEJAHATAN DAN PATHOLOGI SOSIAL.

DALAM ARTI SEMPIT : MEMPELAJARI KEJAHATAN MENURUT BATASAN UU.

n RUANG LINGKUP KRIMINOLOGI

q STUDIES OF CRIME AND CRIMINAL BEHAVIOR

q WHAT IS A CRIME

q WHO IS THE CRIMINAL

q WHY PEOPLE COMMIT CRIME

q WHAT IS THE REACTIONS TO CRIME

q VICTIM

n PENTINGNYA MEMPELAJARI KRIMINOLOGI :

1. INGIN MEMPELAJARI HUKUM (PIDANA) SECARA UTUH DAN KOMPREHENSIF.

2. KRIMINOLOGI MEMPELAJARI KEJAHATAN LEBIH KEPADA FAKTA-FAKTA EMPIRIS.

n ENSCHEDE, MEMBEDAKAN ILMU HUKUM PIDANA KEPADA :

1.ILMU HUKUM PIDANA NORMATIF (NORMATIVE STRAFRECHTSWETENSCHAP) ; MEMPELAJARI HUKUM PIDANA DAN HUKUM ACARA PIDANA

2.ILMU HUKUM PIDANA YANG FAKTUAL (FIETELIJKS STRAFRECHTSWETENSCHAP). MELIPUTI KRIMINOLOGI, KRIMINALISTIK, PSIKIATRI, PSIKOLOG PORENSIK, SOSIOLOGI HUKUM PIDANA.

n MENURUT ENSCHEDE HUKUM PIDANA MEMUAT DUA HAL:

1. SYARAT-SYARAT UNTUK MEMUNGKINKAN PENJATUHAN PIDANA (TENTANG PERBUATAN YANG DILARANG, ORANG YANG MELANGGAR LARANGAN ITU, DAN TENTANG PIDANA YANG DIANCAMKAN KEPADA SI PELANGGAR).

2. PIDANA/ SANKSI.

n VAN BEMMELEN, HUKUM PIDANA TERDIRI DARI :

DALAM ARTI LUAS : HUKUM PIDANA MENCANGKUP KRIMINOLOGI DAN KRIMINALISTIK.

DALAM ARTI SEMPIT : HUKUM PIDANA YANG HANYA MEMPELAJARI SEMUA PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG TERTULIS SIFATNYA.

HUKUM PIDANA MEMPUNYAI DUA SEGI:

  1. DIHARAPKAN UNTUK MELINDUNGI MASYARAKAT DARI ORANG SEORANG YANG MENGGUNAKAN PIDANA SEBAGAI SARANA SECARA TIDAK BENAR. JADI MENJAMIN HAK-HAK DAN KEPENTINGAN TERHADAP KEJAHATAN DAN PENJAHAT;
  2. MELINDUNGI WARGA MASYARAKAT DARI CAMPUR TANGAN PENGUASA YANG SAH.

n FUNGSI KRIMINOLOGI TERHADAP HUKUM PIDANA ADALAH:

1. MENINJAU SECARA KRITIS HUKUM PIDANA YANG BERLAKU BESERTA PENYELENGGARAANNYA.

2. MEMBERIKAN REKOMENDASI GUNA PERBAIKAN-PERBAIKAN /PEMBAHARUAN. (KRIMINALISASI, DEKRIMINALISASI, DEPENALISASI).

n MENGAPA DEMIKIAN, KARENA:

1.TIDAK SEMUA PERBUATAN YANG TERCELA DALAM PANDANGAN MASYARAKAT ITU DIATUR DALAM HUKUM PIDANA, ATAU

2. ADA PERBUATAN-PERBUATAN YANG DIATUR DALAM HUKUM (PIDANA) TETAPI TIDAK DIANGGAP TERCELA OLEH MASYARAKAT.

KELEMAHAN-KELEMAHAN HUKUM PIDANA

1. KARENA PERKEMBANGAN MASYARAKAT DAN PERKEMBANGAN KONSEPSI PEMIKIRAN MASYARAKAT TENTANG PERBUATAN YANG DIANGGAP BAIK DAN TIDAK BAIK SELALU BERUBAH-UBAH

  1. BAHWA KUHP SECARA NORMATIF TERIKAT OLEH ASAS LEGALITAS.

------------------ STUDI KEJAHATAN ---------------

| |

LEGAL ASPECT SOSIOLOGICAL ASPECT

(BERTENTANGAN DENGAN UU) (BERTENTANGAN DGN PERASAAN KES MASY)

| |

------------------------ KRIMINOLOGIE ----------------------

| |

MALA PROHIBITA MALA INSE

---------------------------------|--------------------------------

CRIMINAL LIABILITY/CRIMINAL RESPONSIBILITY

(PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA)

n HUBUNGAN KRIMINOLOGI DENGAN ILMU-ILMU SOSIAL

PSIKOLOGI

A. ASPEK BIO-PSIKOLOGI PSIKIATRI

ENDOKRINOLOGI

SOSIOLOGI

IL.PENG.PENJ. ANTROPOLOGI

KRIMINOLOGI B. ASPEK SOSIAL PSI. SOSIAL

IL. POLITIK

IL. EKONOMI,DLL

IL. HUKUM

C. ASPEK NORMATIF IL. ETIKA

IL. AGAMA, DLL

n MANFAAT KRIMINOLOGI

1. MANFAAT PRIBADI

n SETIAP ORANG CENDERUNG BERBUAT JAHAT

n KEJAHATAN MRPK PERB. MELAWAN HK SHG NEG. MENJATUHKAN PIDANA

n PENGHALUSAN PERBUATAN TINGKAH LAKU SESEORANG

2. MANFAAT SOSIAL

n MENCEGAH KERUGIAN SOSIAL YG LEBIH BESAR

3. MANFAAT ILMU PENGETAHUAN

n MENDORONG PENGEMBANGAN IL. KKRIMINOLOGI

METODA PENDEKATAN DALAM MENGKAJI MASALAH KEJAHATAN

(Hermann Mannheim)

I. DESKRIPTIF : MELAKUKAN OBSERVASI DAN PENGUMPULAN FAKTA TENTANG KEJAHATAN DAN PELAKU KEJAHATAN.

1. BENTUK TINGKAH LAKU YG KRIMINAL

2. BAGAIMANA KEJAHATAN ITU DILAKUKAN

3. FREKWENSI KEJAHATAN MENURUT TEMPAT DAN WAKTU YG BERBEDA

4. FAKTA : USIA, JENIS KELAMIN, DAN CIRI-CIRI LAIN DARI PELAKU

5. PERKEMBANGAN KARIER SESEORANG PELAKU (SEJAK USIA BERAPA MELAKUKAN KEJAHATAN DAN BAGAIMANA PERKEMBANGANNYA).

BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN ADALAH :

1. FAKTA-FAKTA TIDAK DAPAT DIKUMPULKAN SECARA RANDOM, MELAINKAN HARUS DILAKUKAN SECARA SELEKTIF YANG DIDASARKAN PADA HIPOTESA-HIPOTESA ILMIAH. AGAR FAKTA YANG DIPEROLEH DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN DAN BERGUNA, MAKA PENELITI TERLEBIH DAHULU HARUS DAPAT MENETAPKAN APA YANG MENJADI OBYEK DARI PENGUMPULAN DATA TERSEBUT.

2. FAKTA-FAKTA TANPA SUATU PENAFSIRAN, EVALUASI DAN PENGERTIAN SECARA UMUM, FAKTA TERSEBUT TIDAK BERARTI.

II. PENDEKATAN SEBAB AKIBAT /CAUSAL

n PENAFSIRAN TERHADAP FAKTA - FAKTA DAPAT DIPERGUNAKAN UNTUK MENGETAHUI CAUSA, BAIK DALAM KASUS-KASUS YANG BERSIFAT UMUM MAUPUN INDIVIDUAL. USAHA TERSEBUT DINAMAKAN ETIOLOGIE KRIMINAL (ETIOLOGY OF CRIME).

n KONSEPSI CAUSA/SEBAB AKIBAT BERBEDA MENURUT PENDEKATAN HUKUM DENGAN PENDEKATAN KRIMINOLOGI.

PENDEKATAN HUKUM BERKAITAN DENGAN MASALAH PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA; SEDANAGKAN KRIMINOLOGI BERKAITAN DENGAN MOTIVASI, PISIK, PSIKIS, SOSIAL DAN BUDAYA. UNTUK MENENTUKAN SESUATU YANG PALING DOMINAN DALAM HUKUM ADA STANDARD; SEDANGKAN DALAM KRIMINOLOGI TIDAK ADA, KALAUPUN ADA STANDAR, SIFATNYA TIDAK LANGSUNG.

III. PENDEKATAN NORMATIF

n UNTUK MENEMUKAN HUKUM YG BERLAKU DALAM KRIMINOLOGI, SERTA USAHA PERCOBAAN UNTUK MERUMUSKAN SUATU CAUSAL NEXUS/KORELASI SECARA STATISTIK ANTARA FAKTOR-FAKTOR TERTENTU DENGAN KEJAHATAN.

n WHAT IS A CRIME …?

n LEGAL DEFINITION = TINDAK PIDANA :

- POLITICAL CONSTRUCTED ( KEJAHATAN & PELANGGARAN)

n CRIMINOLOGICAL/SOCIOLOGICAL DEFINITION :

SOCIOLOGYCALLY CONSTRUCTED :

- KEJAHATAN MENURUT PERSEPSI PUBLIK

- MALA INSE VS MALA PROHIBITA

  • LABELING ( OF THE CJS PERSONNEL )

THAT MAY VERY FROM STATE TO STATE, TIME TO TIME.

1. PENDEKATAN YURIDIS (SUTHERLAND).

KEJAHATAN MERUPAKAN SUATU PERBUATAN YANG MELANGGAR UU.

IA BERPENDAPAT BAHWA JIKA SUATU PERBUATAN JAHAT TIDAK DIATUR DALAM UU TIDAKLAH PERBUATAN ITU TERMASUK KEJAHATAN, DENGAN ALASAN BAHWA SEOLAH-OLAH SEMUA PERBUATAN YANG DILAKUKAN MANUSIA MERUPAKAN KEJAHATAN.

2. PENDEKATAN SOSIOLOGIS (THORSTENSELLIN)

KEJAHATAN ADALAH PERBUATAN YANG MELANGGAR NORMA-NORMA DALAM MASYARAKAT, TANPA MEMPERSOALKAN APAKAH BERTENTANGAN DENGAN UU ATAU TIDAK.

3. PENDEKATAN YURIDIS SOSIOLOGIS (BONGER)

KEJAHATAN ADALAH PERBUATAN YANG SANGAT A SOSIAL YANG MEMPEROLEH TANTANGAN DENGAN SADAR DARI NEGARA BERUPA PEMBERIAN PENDERITAAN (HUKUMAN PENDERITAAN).

4. PENDEKATAN PSYKOLOGIS (HOEFNAGELS)

MELIHAT KEJAHATAN DILIHAT DARI DUA KONSEPSI :

Stigma Keseriusan ----------à Emotional Concept

n Seriusness -----------à Publict opini, dalam hal ini ada dua:

1. KESERIUSAN DARI SUATU TINDAK PIDANA/KEJAHATAN AKAN MENINGKAT APABILA FREKWENSI KEJAHATAN KURANG (INCIDENTAL CRIMINALITY).

2. KESERIUSAN DARI SUATU TINDAK PIDANA/KEJAHATAN AKAN BERKURANG APABILA FREKWENSI KEJAHATAN MENINGKAT (MULTIPLE CRIMINALITY).

# STIGMATISASI: SUATU PROSES TENTANG KRISIS KEPRIBADIAN INDIVIDU.

KRISIS : SUATU KETIDAKSEPAKATAN ANTARA SAYA INI DENGAN PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP DIRI SAYA. EX. SEORANG NAPI YANG BARU KELUAR DARI LP.

n METODA SURFACE REACTION:

KASUS : POLISI ----à JAKSA -----à PENGADILAN ------à LP ------à MASY


STIGMA I STIGMA II STIGMA III STIGMA IV STIGMA V

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

GRADASI : RINGAN SEDANG BERAT >BERAT SNGT. BERAT

X X + 1 X + 2 X + 3 X + 4

KETERANGAN

X : STIGMA MULAI MENEKAN KONSEP DIRI PRIBADI (SELF CONCEPT) PELAKU KEJAHATAN.

X+1 : STIGMA MERUBAH KONSEP DIRI PRIBADI (SELF CONCEPT) PELAKU KEJAHATAN.

X+2 : STIGMA MENGHAPUS KONSEP DIRI PRIBADI (SELF CONCEPT) PELAKU KEJAHATAN.

X+3 : STIGMA MEMAKSA KONSEP DIRI PRIBADI (SELF CONCEPT) PELAKU KEJAHATAN BERADAPTASI

DENGAN P0LA KRIMINAL.

X+4 : STIGMA MEMAKSA POLA KRIMINAL SEBAGAI KONSEP DIRI PELAKU KEJAHATAN.

PRINSIPRINSIP SURFACE REACTION:

  1. SEMAKIN BANYAK PETUGAS DAN LEMBAGA YANG TERLIBAT DALAM PENANGANAN SUATU KASUS, SEMAKIN BESAR KEMUNGKINAN TERJADI STIGMATISASI PADA PELAKU KEJAHATAN.

2. SEMAKIN SEDIKIT PETUGAS DAN LEMBAGA YANG TERLIBAT DALAM PENANGANAN SUATU KASUS, SEMAKIN KECIL KEMUNGKINAN TERJADI STIGMATISASI PADA PELAKU KEJAHATAN.

n KLASIFIKASI KEJAHATAN

DALAM SISTEM HK CIVIL LAW :

n ADA PERBEDAAN ANTARA KEJAHATAN DAN PELANGGARAN

n KEJAHATAN BERAT DAN KEJAHATAN RINGAN

n DOLUS DAN CULPA

DALAM SISTEM HUKUM COMMON LAW :

TIDAK MENGENAL PEMBEDAAN KEJAHATAN DAN PELANGGARAN,

KONSEKWENSINYA DIKENAL KLASIFIKASI KEJAHATAN.

n SECARA KLASIK :

  1. FELONIES ( KEJ. BERAT )
  2. MISDEMEANORS ( KEJAHATAN RINGAN )
  3. TRASON ( KEJAHATAN THP NEGARA )

n MODERN :

  1. OFFENCES TRIABLE ONLY ON INDICTMENT
  2. OFFENCES TRIABLE ONLY SUMMARILY
  3. OFFENCES TRIABLE EITHER WAY

KLASIFIKASI KEJAHATAN ATAS DASAR MOTIVASI

( CRIME BY MOTIVATION)

  1. ECONOMIC CRIMES
  2. SEXUAL CRIMES
  3. POLITICAL CRIMES
  4. MISCEAUNIOUS CRIMES (KEJAHATAN DILUAR KETIGA KLASIFIKASI DI ATAS)

KLASIFIKASI ATAS DASAR TUJUANNYA

( CRIMES FROM STATISTICAL )

  1. CRIMES AGAINT THE PERSON
  2. CRIMES AGAINT THE PROFERTY
  3. CRIMES AGAINT PUBLICT DECENSY, PUBLICT ORDER AND PUBLICT OF FAER

n BENTUK KEJAHATAN

n WHITE COLLAR CRIME ( WCC )

HISORICAL BACKGROUND :

  1. EDWARD A ROOS, ST. TINGKAH LAKU SEMACAM WCC
  2. EDWIN H SUTHERLAND, MENGUNGKAPKAN SECARA TEGAS DIMUKA UMUM ISTILAH WCC

PERBEDAAN PENDAPAT ROOS DENGAN SUTHERLAND:

ROOS : MENCERITAKAN TTG TINDAKAN-TINDAKAN ILEGAL YG DILAKUKAN OLEH KAUM BISNIS DAN TDK MENYEBUTKAN SECARA TEGAS WCC.

SUTHERLAND : INGIN MERUBAH TEORI KLASIK DAN TDK BERMAKSUD MEMPENGARUHI BADAN LEGISLATIF DAN KAUM POLITISI.

SUTHERLAND MENGANGGAP BHW TEORI TTG TL. KRIMINAL DIHUBUNGKAN DGN

KEMISKINAN TERNYATA TDK VALID, DGN ALASAN :

  1. GENERALISASI YG DILANDASKAN ATAS SAMPEL TERTENTU TANPA MEMPERHATIKAN WCC;
  2. GENERALISASI YG MENYATAKAN BHW KEJ. HUB ERAT DGN KEMISKINAN, TDK BERLAKU THP WCC;
  3. T. KONVENSIONAL TTG. TL KRIMINAL TDK MENJELASKAN TTG DIRI MRK YG TEMSK GOL. MISKIN.

PENGARUH I.

n PENCURI PROFESIONAL

n WHITE COLLAR CRIME

TERHADAP KEDUANYA SUTHERLAND BERPENDAPAT :

  1. BAGI KEDUANYA KEGIATAN ILEGAL MERUPAKAN BAGIAN YG TDK TERPISAHKAN DARI PEKERJAAN SEHARI-HARI.
  2. BAGI KEDUANYA TDK TERDAPAT ADANYA KEHILANGAN HARGA DIRI KRN KEGIATAN YG ILEGAL TSB.
  3. BAGI KEDUANYA DIPERSYARATKAN ADANYA LATIHAN/MENGIKUTI INSTRUKSI/

KETRAMPILAN TERTENTU

4. PERBEDAAN KEDUANYA TERLETAK PADA SELF CONSEPTION OF THE VIOLATORS

PENGARUH II.

SUTHERLAND MEMPERGUNAKAN ISTILAH WCC U/ MENDUKUNG SEPENUHNYA TORI

DIFERENTIAL ASSOSIATION (DA), YAITU TEORI TTG TINGKAH LAKU MANUSIA YG

MENCOBA MENJELASKAN BUKAN HANYA TINGKAH LAKU WCC, TP SELURUH TINGKAH

LAKU KRIMINAL.

TIPE PERBUATAN YANG DAPAT DIGOLONGKAN KEDALAM WCC:

DALAM BIDANG BISNIS.

  1. CATATAN KEUANGAN YG TIDAK BENAR
  2. MANIPULAI DALAM BURSA SAHAM
  3. SUAP DALAM DUNIA BISNIS
  4. SUAP THP PEJABAT, BAIK LANGSUNG /TDK LANGSUNG
  5. SOAL PERIKLANAN DAN MASALAH PENJUALAN
  6. PENIPUAN PAJAK, DANA- DANA SOSIAL

DALAM BIDANG KEDOKTERAN.

  1. JUAL BELI OBAT TERLARANG DAN NARKOTIK ILEGAL
  2. ABORTUS
  3. PELAYANAN TERHADAP DUNIA KRIMINAL
  4. LAPORAN DAN KESAKSIAN PALSU
  5. AHLI PALSU

SECARA UMUM KEJAHATAN WCC DAPAT DIKELOMPOKAN KEDALAM”

  1. KEJAHATAN-KEJAHATAN YG DILAKUKAN OLEH KALANGAN PROFESIONAL DALAM MELAKUKAN PROFESINYA;
  2. KEJAHATAN-KEJAJAHATAN YG DILAKUKAN OLEH PEMERINTAH ATAU APARATNYA DAN TINDAKAN ABUSE OF FOWER YG TERMASUK PELANGGARAN THP HAK-HAK WARGA NEGARA;
  3. KEJAHATAN KORPORASI.

KEJAHATAN KORPORASI AD. TINDAKAN-TINDAKAN KORPORASI YG DAPAT DIKENAKAN SANKSI , BAIK PIDANA, PERDATA MAUPUN ADMINISTRASI, YG BERUPA ILEGAL ABUSE OF ECONOMIC POWER.

SEARA KONSEPTUAL KEJAHATAN YG MENYANGKUT KORPORASI DAPAT BERUPA:

  1. KEJAHATAN KORPORASI DALAM USAHANYA MENCAPAI TUJUAN KORPORASI UNTUK MEMPEROLEH KEUNTUNGAN;
  2. KORPORASI YG BERTUJUAN SEMATA-MATA UNTUK MELAKUKAN KEJAHATAN;
  3. KEJAHATAN TERHADAP KORPORASI.

n HAL-HAL YG MEMPENGARUHI SULITNYA PEMBERANTASAN TERHADAP KEJAHATAN KORPORASI :

  1. DATA KEJAHATAN YANG DILAPORKAN/DIDETEKSI MASYARAKAT
  2. KURANGNYA PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP KEJAHATAN KORPORASI
  3. ASPEK PERUNDANG-UNDANGAN
  4. FILOSOFI TUJUAN PENGATURAN ( TERHADAP KORPORASI UNTUK PERBAIKAN/GANTI RUGI, KEJAHATAN KONVENSIOAN UNTUK PENGHUKUMAN)
  5. KURANGNYA PENGETAHUAN APARAT
  6. STATUS SOSIAL PELAKU
  7. KEJAHATAN YANG MENJADI PERHATIAN PUBLIK/PRESS BELUM BERIMBANG

HAL- HAL YG MENDORONG BERKEMBANGNYA KORPORASI :

  1. MENINGKATNYA KEBUTUHAN AKAN MODAL DALAM JUMLAH YG BESAR;
  2. PERUBAHAN DALAM POLA KEPEMILIKAN (DARI KEBENDAAN KE HAK);
  3. TERJADINYA PEMINDAHAN DARI PRIBADI KE KOLEKTIF;
  4. KEGIATAN EKONOMI KONSENTRASI KE PASAR INTERNASIONAL;
  5. SEMAKIN MELUAS DAN BERKUASANYA KEKUASAAN KOPORASI DALAM KEHIDUPAN EKONOMI SOSIAL;
  6. KURANG RESPONSIF DARI PARA PEMBUAT KEBIJAKAN DALAM MENGANTISIPASI AKIBAT HUKUM YG TIMBUL DARI ADANYA PERUBAHAN DALAM MASYARAKAT;
  7. KORPORASI DIRASAKAN SEBAGAI TEMPAT JUTAAN ORANG MENGGANTUNGKAN HIDUPNYA, BAHKAN MENJADI SUMBER PENDAPATAN NEGARA.

n PERBEDAAN HUKUM DAN KESUSILAAN

LINGKARAN HHUKUM

LINGKARAN KESUSILAAN

AGAMA

PERBUATAN YG BERSIFAT ONRECHTMATIG

PRBEDAAN ANTARA HK DAN KESUSILAAN

n KESUSILAAN DAN HUKUM

W.A. BONGER

NORMA KESUSILAAN

HUKUM

PIDANA

HEOFNAGLES II

NORMA KESUSILAAN II IV NORMA HUKUM PIDANA

I

III III

I II

NOR. KESUSILAAN NOR. KESUSILAN

HK. PIDANA

HK

PIDANA

III IV

NOR. KESUSILAAN NOR. KEUSILAAN

HP HP

n MEREKA YG TERGOLONG PADA KELAOMPOK IV INI ADALAH MEREKA YG MEMANDANG:
1. HK. PIDAAN HANYA SBG ALAT TEKNIS AGAR MASY. DAPAT BERFUNGSI.
2. TIAP INDIVIDU ATAU KLP HARUS ATAU DIPERBOLEHKAN MEMILIKI NORMA-NORMA
DAN NILAI-NILAI SENDIRI TERLEPAS DARI HK. PIDANA

MEREKA YG TERGOLONG PADA KELAOMPOK IV INI ADALAH MEREKA YG MEMANDANG:

  1. HK. PIDAAN HANYA SBG ALAT TEKNIS AGAR MASY. DAPAT BERFUNGSI.
  2. TIAP INDIVIDU ATAU KLP HARUS ATAU DIPERBOLEHKAN MEMILIKI NORMA-NORMA DAN NILAI-NILAI SENDIRI TERLEPAS DARI HK. PIDANA.

KELOMPOK IV. INI DIBEDAKAN DALAM TINGKATAN SBB:

  1. MEREKA BERPENDAPAT BAHWA NORMA-NORMA YG DIANUT TIDAK BOLEH BERTENTANGAN DGN HK.PIDANA.
  2. MEREKA YG BERPENDAPAT BHW NORMA-NORMA YG DIANUT BOLEH BERTENTANGAN DGN HK. PIDANA.
  3. MEREKA YG LEBIH SUKA MEMILIKI NORMA-NORMA YG BERTENTANGAN DENGAN/MELANGGAR HK. PIDANA.

n PENDAPAT/KRITIK HEOFNAGLE TTG. HUBUNGAN NORMA KESUSILAAN DAN HK. PIDANA

  1. KEBERATAN PERTAMA DITUJUKAN KPD PANDANGAN YG MENGIDENTIFIKASI SEBAGIAN ATAU SELURUH NORMA KESUSILAAN ADALAH BAGIAN DARI HK. PIDANA.

JIKA PANDANGAN TSB DIANUT OLEH MEREKA/PENGUASA YG MENJALANKAN TUGAS ADM PERADILAN PIDANA, DIKHAWATIRKAN BHW NORMA-NORMA KLP DARI MANA PENGUASA BERASAL AKAN MEMPENGARUHI BENTUK PENENTUAN NASIB KLP LAIN. TERUTAMA DLM HK. PIDANA YG BERSIFAT MEMAKSA.

  1. KEBERATAN KEDUA DITUJUKAN KPD PANDANGAN YG MEMISAHKAN SAMA SEKALI NORMA KESUSILAAN DAN HK. PIDANA. PANDANGAN TSB JUSTRU MENENTANG KONSEPSI TTG MASYARAKAT DIMANA NORMA-NORMA KESUSILAAN YG POSITIVE (POSITIVE MORALITY) DIAPANDANG SBG SESUATU YG BERSIFAT ALAMI OLEH KELOMPOK DALAM MASY.

HOEFNAGLE BERPENDAPAT BHW PENILAIAN SESEORANG TMSK DIDALAMNYA PENILAIAN ATAS NILAI-NILAI YG PADA GILIRANNYA AKAN MEMBERIKAN DASAR-DASAR KESUSILAAN THP SEMUA FAKTOR-FAKTOR YG MEMPENGARUHI KEHIDUPAN SESEORANG (FAKTOR SOSIAL/PHYSYK).

PANDANGAN G HENDAK MEMISAHKAN NORMA-NORMA KESUSILAAN DARI HK.PIDANA ADALAH BERSIFAT AMORAL (MEREKA YG MEMISAHKAN NORMA MEREKA DGN “POSITIVE MORALITY” YG BERKEMBANG DALAM MASY. DGN TUJUAN MEMBAWA HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU KEARAH HUKUM TERLEPAS DARI NORMA KELOMPOKNYA.

n WHO IS CRIMINAL …. ?

n PEOPLE COMMITTING VIOLATION OF LAW

n PEOPLE COMMITTING VIOLATION OF SOCIAL NORMS

n PEOPLE PROCESSED IN THE CJS

n PEOPLE PUNISED BY THE COURT

n PEOPLE IN THE PRISON

n SUTHERLAND

MENGELOMPOKAN PELAKU KEJAHATAN KEDALAM TIGA KELOMPOK:

n KELOMPOK I, LEBIH BERORIENTASI KEPADA UU. PENJAHAT ADALAH SETIAP ORANG YANG MELANGGAR UU.

n KELOMPOH II, MEMANDANG PENJAHAT ADALAH ORANG YANG LEMAH, LEMAH SOSIAL, EKONOMI, POLITIK SEBAGAI LAWAN DARI ORANG-ORANG YANG KUAT DAN PUNYA KEKUASAAN DAN TIDAK PERNAH TERSENTUH DAN DICAP SEBAGAI PENJAHAT.

n KELOMPOK III, MEMANDANG PENJAHAT ADALAH ORANG YG MEMILIKI TINGKAH LAKU YANG DINYATAKAN OEH UU SEBAGAI KEJAHATAN, DAN SEORANG DISEBUT PENJAHAT JIKA IA SECARA NYATA DIAKUI BAHWA IA TELAH MELAKUKAN TINGKAH LAKU DALAM LINGKUP PERBUATAN KEJAHATAN TERTENTU.

n HOEFNAGLES

BERTITIK TOLAK DARI TEORI SURFACE REACTION, MAKA MEMBEDAKAN ANGGOTA MASYARAKAT SBB:

  1. PADA SAAT INI BUKAN PENJAHAT ( THE NON OFFENDERS OF THE MOMENT)
  2. DULU PERNAH JADI PENJAHAT SEKARANG TIDAK LAGI ( THE NOT LONGGER OFFENDERS/EX OFFENDERS)
  3. ORANG YANG BELUM KELIHATAN POTENSI SEBAGAI PENJAHAT ( THE NOT YET OFFENDERS)
  4. WARGA MASYARAKAT YANG TAAT PADA HUKUM (THE NORM ABEDING CITIZEN )

n ROMLI ATMASASMITA

  1. AKAN MENJADI PENJAHAT ( THE NON OFFENDERS OF THE MOMENT )
  2. BEKAS PENJAHAT ( THE NOT LONGER OFFENDERS )
  3. AKTIF SEBAGAI PENJAHAT ( THE NOT YET OFFENDERS )
  4. WARGA YANG TAAT PADA HUKUM ( THE NORM EBIDING CITIZEN )

n RUTH S CAVAN

DILIHAT DARI ASPEK PERBUATAN, PENJAHAT DAPAT DIKELOMPOKAN KEDALAM 9 JENIS TIPE :

  1. THE CASUAL OFFENDERS
  2. THE OCCASIONAL CRIMINAL
  3. THE EPISODIC CRIMINAL
  4. THE WRITE COLLAR CRIMINAL
  5. THE HABITUAL CRIMINAL
  6. THE PROFESIONAL CRIMINAL
  7. ORGANIZED CRIME
  8. THE MENTALY ABNORMAL CRIMINAL
  9. THE NONMALICIOUS CRIMINAL

n
PERKEMBANGAN STUDI KEJAHATAN

ALIRAN KLASIK.

TITIK BERAT KONSEP ALIRAN KLASIK :

n MANUSIA SEBAGAI MAHLUK YANG BERKEHENDAK BEBAS

n MANUSIA SEBAGAI MAHLUK YANG RATIONAL

n MENGANUT UTILIARISME PADA SEBAGAIAN BESAR MASYARAKAT

n MENJUNJUNG TINGGI HAK ASASI INDIVIDU DAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP INDIVIDU

n MENETAPKAN ATURAN-ATURAN BEBAN PEMBUKTIAN DAN MASALAH KESAKSIAN DALAM HUKUM PIDANA

n DALAM PEMIDANAAN MENGANUT DETERMINATE SANTENCING (PENJATUHAN HUKUMAN YG SUDAH DITENTUKAN )

PELOPOR ALIRAN KLASIK ANTARA LAIN : CESARE BECARIA DAN JEREMY BENTHAM.

ALIRAN KLASIK SESUNGGUHNYA TIDAK MEMBICARAKAN TENTANG TINGKAH LAKU MANUSIA, TETAPI BAGAIMANA AHUKUM SECARA KHUSUS MELINDUNGI HAK INDIVIDU DAN MASYARAKAT DENGAN TUJUAN DAPAT MENCEGAH ADANYA TINGKAH LAKU KEJAHATAN.

DALAM HAL PEMIDANAAN MEMPUNYAI DUA JUSTIFIKASI :

  1. SPECIAL DETERNCE / PENCEGAHAN KHSUS
  2. GENERAL DETERNCE/ PENCEGAHAN UMUM

POKOK-POKOK ALIRAN KLASIK :

  1. KEBERADAAN MASYARAKAT DI DUNIA MEMILIKI KEHENDAK BEBAS/FREE WILL, DAN MASYARAKAT MEMILIKI PILIHAN BERDASARKAN RATIONALITASNYA.
  2. MASYARAKAT MEMILIKI HAK ASASI, DIANTARANYA HAK HIDUP, HAK KEMERDEKAAN, DAN HAK ATAS KEKAYAAN.
  3. PEMERINTAH DIBENTUK OLEH MASYARAKAT UNTUK MELINDUNGI HAK-HAK TERSEBUT, DAN EKSISTENSINYA DILANDASI OLEH OLEH PERJANJIAN SOSIAL ANTARA YANG MEMERINTAH DENGAN YANG DIPERINTAH.
  4. ANGGOTA MASYARAKAT AKAN DENGAN SUKA RELA MENYERAHKAN HAK ASASINYA KEPADA NEGARA, JIKA DIPANDANG PERLU DENGAN TUJUAN UNTUK KEUNTUNGAN SEMUA ANGGOTA MASYARAKAT.
  5. UNTUK MEMELIHARA HAK TERSEBUT, PEMBENTUK UU DIWAJIBKAN MELAHIRKAN UU YANG MENETAPKAN BAGAIMANA MENETAPKAN PROSEDUR PELANGGARAN HUKUM DIPIDANA DAN MENETAPKAN PULA TINGKAH LAKU APA YG DIANGGAPA MERUPAKAN PELANGGARAN.
  6. JEHATAN MERUPAKAN PELANGGARAN TERHADAP PERJANJIAN SOSIAL, OKI KEJAHATAN ADALAH PELANGGARAN MORAL ( A MORAL OFFENCE AGAINTS SOCIETY)
  7. HUKUMAN DIBENARKAN HANYA JIKA DITUJUKAN UNTUK MEMELIHARA, MENGAMANKAN PERJANJIAN SOSIAL TERSEBUT. OKI TUJUAN HUKUMAN SESUNGGUHNYA ADALAH MENCEGAH PELANGARAN HUKUM MASA YG AKAN DATANG.
  8. ALIRAN KLASIK BERPENDAPAT BAHWA SEEMUA ORANG MEMILIKI HAK YANG SAMA. OKI HARUS DIPERLAKUKAN SAMA DI MUKA HUKUM.

n ALIRAN POSITIVE

n FILOSOFI ALIRAN POSITIVE ADALAH PENTINGNYA PERCOBAAN, DAN PENGALAMAN YANG SISTEMATIS MENUNJUKAN BAHWA MANUSIA ITU BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP NASIBNYA SENDIRI.

n ALIRAN POSITIVE BERANGGAPAN MANUSIA DAN PEMIKIRANNYA BERKEMBANG SECARA PERLAHAN-LAHAN (T. EVOLUSI). PRILAKUNYA DIPENGARUHI OLEH KONDISI BIOLOGI DAN LINGKUNGAN.

TOKOH : CESARE LOMBROSO, ENRICO FERRI, RAFAEL GAROPALO, DLL.

ALIRAN POSITIVE MEMBERIKAN PENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN KRIMINOLOGI.

n PENGARUH BIOLOGI DAPAT DILIHAT TEORI YANG DIKEMUKAKAN LOMBROSO DENGAN BIOLOGI CRIMINALNYA.

n PENGARUH LINGKUNGAN ANTARA LAIN TEORI YG DIKEMUKAKAN LACASAGNE, G.TARDE DENGAN TEORI PENIRUANNYA, SUTHETLAND DENGAN LLEARNING THEOARINYA, SELLIN DENGAN CULTURE CONFLICT, MERTON DENGAN TEORI ANOMIE, DAN CHOHEN DENGAN TEORI DELINQUENT SUB CULTURE.

n POKOK-POKOK PIKIRAN ALIRAN POSITIVE

  1. KEHIDUPAN MANUSIA BERKEMBANG DARI HUBUNGAN SEBAB AKIBAT. KEJADIAN DALAM DUNIA MENUNJUKAN KETERATURAN DAN DAPAT DIJELASKAN MELALUI SUATU OBSERVASI YG SISTEMATIS.
  2. MASALAH SOSIAL SEPERTI KEJAHATAN DAPAT DIATASI MELALUI STUDI SISTEMATIS TENTANG TINGKAH LAKU MANUSIA. HANYA MELALUI APLIKASI SCIENCE MANUSIA MENJADI SEMPURNA ATAU SEKURANG-KURANGNYA KEADAANNYA MENJADI LEBIH BAIK.
  3. TINGKAH LAKU KRIMINAL ADALAH HASIL DARI KETIDAK SEMPURNAAN YG MUNGKIN ADA DI DALAM DIRI SESEORANG ATAU MUNCUL DARI FAKTOR SOSIAL DI LUAR INDIVIDU.
  4. KONDISI YG ABNORMAL DAPAT DUKETEMUKAN MELALUI PERBANDINGAN TERHADAP MEREKA YG NORMAL.
  5. SEKALI ABNORMALITY DIKERMUKAKAN ADALAH KEWAJIBAN KRIMINOLOGI UNTUK MEMBANTU MEMPERBAIKINYA.
  6. TREATMENT SANGAT DISUKAI INDIVIDU, SEHINGGA IA DAPAT KEMBALI MENJADI NORMAL DAN JUGA BAGI MASYARAKAT DAPAT TERLINDUNGI.
  7. TUJUAN PENJATUHAN PIDANA TERHADAP PENJAHAT BUKAN PENGHUKUMAN TETAPI MELAKSANAKAN SUATU PERLAKUAN ATAU PEMBINAAN.

n PERBEDAAN ALIRAN KLASIK DENGAN POSITIVE

n
ALIRAN KRITIS/ MAZHAB KRITIKAL

SEBAGAI PENGARUH DARI PENDEKATAN TERHADAP KEJAHATAN YG DIDASARKAN PADA PARADIGMA INTERAKSIONIS SERTA TEORI LABELING, MAKA MUNCUL ALIRAN KRITIS.

n DALAM MENGKAJI MASALAH PENOMENA KEJAHATAN ALIRAN INI LEBIH MENITIK BERATKAN KEPADA PROSES-PROSES SOSIAL YG MENDASARI DAN MEMPENGARUHI LINGKUNGAN DIMANA MANUSIA HIDUP.

n PENOMENA KEJAHATAN ADALAH SEBAGAI KONTRUKSI SOSIAL

n ALIRAN KRIMINOLOGI KRITIS BUKAN HANYA MEMPELAJARI ORANG-ORANG YG DIDEFINISIKAN SEBAGAI PENJAHAT, AKAN TETAPI MEMPELAJARI JUGA PERILAKU DARI AGEN-AGEN KONTROL SOSIAL ( PARA PENEGAK HUKUM).

n KEJAHATAN DAN CIRI-CIRI PELAKU TERUTAMA DITENTUKAN OLEH BAGAIMANA UNDANG-UNDANG DISUSUN DAN DIJALANKAN.

n PENANGGULANGAN KEJAHATAN BUKAN MELALUI PENEGAKAN HUKUM SEBAGAIMANA ALIRAN KLASIK, JUGA BUKAN MENCARI CAUSA MELALUI PENELITIAN ILMIAH SEBAGAIMANA ALIRAN POSITIVE. MELAINKAN DAPAT DILAKUKAN MELALUI MASYARAKAT YG LEBIH DEMOKRATIS (MENGURANGI PROSES KONFLIK YG TDK WAJAR DAN MENGURANGI PROSES DISKRIMINALISASI) DENGAN PENDEKATAN YG LEBIH MANUSIAWI. PADA PELANGGAR PEMULA MENGURANGI LABELING YG DAPAT MENIMBULKAN KRISIS JATI DIRI.

n ALASAN MUNCULNYA ALIRAN KRITIS

  1. PERKEMBANGAN MASYARAKAT YG SANGAT PESAT TELAH MENGHASILKAN PEREGESERAN-PERGESERAN DAN PERUBAHAN-PERUBAHAN KEPENTINGAN, NILAI-NILAI SERTA STRUKTUR YG BANYAK BERPENGARUH KEPADA SOSOK KEJAHATAN.
  2. SIFAT DARI HUKUM ITU SENDIRI YG TERBUKATERMASUK PENEGAKANNYA YG MERUPAKAN KONGKRITISASI DARI NEGARA HUKUM. UNTUK ITU PERLU DIKAJI SEBERAPA JAUH ASAS-ASAS HUKUM SEP. PERSAMAAN DIDEPAN HUKUM, PERLINDUNGAN TERSANGKA,KORBAN SERTA MASYARAKAT DAPAT DINIKMATI OLEH PENCARI KEADILAN.
  3. DENGAN MELAKUKAN KAJIAN TERHADAP BEKERJANYA HUKUM AKAN DIKETAHUI HAMBATAN-HAMBATAN DAN PERMASALAHAN-PERMASALAHAN YG MUNCUL.
  4. UU, AKAN MEMBERIKAN PEMAHAMAN SEC. KOMPREHENSIF, SHG DAPAT DENGAN MELAKUKAN KAJIAN TERHADAP PROSES PEMBUATAN DIKETAHUI TUJUAN SERTA KEPANTINGAN DIBALIK UU.
  5. HAL-HAL TSB TIDAK DITEMUKAN DIDALAM KEDUA TEORI SEBELUMNYA.

n PERKEMBANGAN STUDI KEJAHAAN

1. SEBELUM LOMBROSO.

2. MASA LOMBROSO

3. PASCA LOMBROSO

Ad. 1 SEBELUM MUNCULNYA ILMU KRIMINOLOGI, YG DIWAKILI OLEH PARA AHLI PIKIR/FILSUF ( PLATO, ARISTOTELES, THOMAS VAN AQUINO, MONTESQUE, BECCARIA DLL).

Ad. 2 MASA LAHIRNYA ILMU KRIMINOLOGI, YG DIPELOPORI LOMBROSO (MAZHAB ITALY).

Ad. 3 SESUDAH LOMBROSO. PENGEMBANGAN TEORI-TEORI KRIMINOLOGI YG DIRINTIS LOMBROSO DKK.

n TEORI KRIMINOLOGI KLASIK

  1. MAZHAB ITALY / ANTROPOLOGI/BIOLOGI

n PENJAHAT SEJAK LAHIR SUDAH MEMPUNYAI TIPE TERSENDIRI (BORN CRIMINAL TYPE)

n MEMILIKI CIRI-CIRI FISIK TERTENTU ( TENGKORAK ASIMETRIS, RAHANG BAWAH PANJANG, HIDUNG PESEK, RAMBUT JANGGUT JARANG, TAHAN SAKIT)

n TANDA-TANDA BUKAN PENYEBAB, MELAINKAN PENGENAL KEPRIBADIAN YG CENDERUNG DALAM HAL CRIMINAL BEHAVIOUR YG DIBAWA SEJAK LAHIR ATAU ATAVISME.

n KARENA KEPRIBADIAN TYERSEBUT MAKA MEREKA TIDAK DAPAT TERHINDAR UNTUK MELAKUKAN KEJAHATAN KEC. LINGKUNGAN DAN KESEMPATAN TIDAK MEMUNGKINKAN.

KONSEPSI TERSEBUT DITENTANG OLEH CHARLES GORING, DENGAN MENGADAKAN PENELITIAN MEMBANDINGKAN ORANG YG DIANGGAP PENJAHAT DAN BUKAN PENJAHAT. DAN HASILNYA TIDAK ADA PERBEDAAN YG MENCOLOK.

2. ALIRAN SOSIOLOGI.

ALIRAN INI TELAH DIMLAI DENGAN CATOGRAFIC SHHOOL. ALIRAN INI MEMBERIKAN INTERPRESTASI KEPADA KEJAHATAN SEBAGAI A FUNCTION OF ENVIRONTMENT.

LACASAGNE, YANG MENGEMBANGKAN TEORI LINGKUNGAN SEBAGAI PENYEBAB ORANG MELAKUKAN EJAHATAN. IA TERINSPIRASI LEH PEMIKIRAN ILMU KEDOKTERAN DARI LOUIS PASTER, DIMANA ORANG JAHAT DIIBARATKAN SEBAGAI TUBUH YG LEMAH DAN BERADA DI TEMPAT YG PENUH DENGAN BIBIT PENYAKIT SEHINGGA MENYEBABKAN TUBUH MENJADI SAKIT.

TARDE, SEORANG AHLI PSIKOLOGI MENGEMBANGKAN SUATU TEORI YG MEMBERI TEKANAN KEPADA IMITASI DIDLAM SEBAB MUSEBAB KEJAHATAN. KEJAHATAN BUKAN GEJALA ANTROPOLOGI MELAINKAN DIKUASAI OLEH PENIRUAN.

3. ALIRAN BIO SOSIOLOGI

ENRICO FERRI, MENCOBA MENGEMBANGKAN KELEMAHAN TEORI LOMBROSO DENGAN MENGGABUNGKAN ALIRAN BAKAT DAN LINGKUNGAN. MENURUTNYA KEJAHATAN MERUPAKAN RESULTANTE DARI SIFAT JAHAT YG DIMILIKI SESEORANG DENGAN KONDISI LINGKUNGAN. NAMUN DEMIKIAN FAKOR YG MENENTUKAN ADALAH BAKAT JAHAT.

W.A. BONGER, KEJAHATAN ITU DISEBABKAN KARENA SIFAT JAHAT DITAMBAH DENGAN LINGKUNGAN. NAMUN DEMIKIAN, ADA DUA LINGKUNGAN YG MEMPENGARUHI. LINGKUNGAN SEMENJAK KECIL HINGGA DEWASA DAN LINGKUNGAN PADA SAAT AKAN MELAKUKAN EJAHATAN.

n PERIODE PASCA LOMBROSO

PADA MASA INI MERUPAKAN MASA PERKEMBANGAN TEORI KRIMINOLOGI. HAL INI MUNCUL SEBAGAI AKIBAT KELEMAHAN TEORI LOMBROSO DENGAN DASAR TEORI BAKATNYA. NAMUN DEMIKIAN TEORI – TEORI YG MUNCUL MERUPAKAN PENGEMBANGAN LEBIH LANJUT DARI TEORI DASAR PADA MASA LOMBROSO.

n KRETSMER (JRM) DLAM TEORINYA MENGHUBUNGKAN ANTARA PELAKU KEJAHATAN DENGAN CIRI PISIK DAN PERANGAI. BEGITU JUGA SHELDON, BAHWA TINGKAH LAKU MANUSIA ADA HUBUNGANNYA DENGAN BENTUK BADANNYA.

- ORANG GEMUK PENDEK/ENDOMORPH ADALAH TIPE MANUSIA SUKA BERSOSIAL DAN PUNYA FALSAPAH HIDUP YG MUDAH.

- ORANG KURUS DAN LEMAH LEMBUT/ EKTOMORPH, BERSIFAT SENSITIF, MUDAH MARAH DAN TIDAK BEGITU SOSIAL.

- ORANG YG TEGAP DAN BADAN KUAT/MESOMORPH, MUDAH RESAH, BESAR TENAGA DAN TIDAK SENSITIF. TIPE INI YG PUNYA POTENSI UNTUK JADI PENJAHAT.

BEBERAPA TEORI YG BERKEMBANG ANTARA LAIN:

  1. T. EKOLOGIS, YG MENGHUBUNGKAN ANTARA KEJAHATAN DENGAN KEPADATAN DAN MOBILITAS PENDUDUK.
  2. T. CULTURE CONFLICT (THORTEN SELLIN), YG MENGHUBUNGKAN ANTARA KEJAHATAN DENGAN SISTEM NILAI DALAM SUATU DARAH.
  3. T. FAKTOR ECONOMIC ( CRIME AND ECONOMIC CONDITION )
  4. T. DEFRENTIAL ASSOSIATION
  5. T. ANOMIE
  6. T. SUBCULTURE

n DIFFERENTIAL ASSOCIATION

  1. KEJAHATAN ITU DIPELAJARI BUKAN DIWARISKAN
  2. KEJAHATAN ITU DIPELAJARI DALAM LINGKUNGAN PERGAULAN YG INTIM
  3. KEJAHATAN ITU DIPELAJARI MELALUI SUATU PROSES KOMUNIKASI
  4. YANG DIPELAJARI ADALAH MOTIVASI, JUGA TEKANIK MELAKUJKAN KAJAHATAN.

ORANG LEBIH SUKA MELAKUKAN KEJAHATAN/ MELANGGARA UU, KARENA :

  1. FREKWENCY : SERINGNYA INDIVIDU BERGAUL DENGAN KELOMPOK TERTENTU
  2. DURATION : LAMA INYA INDIVIDU TERSEBUT DALAM KELOMPOK
  3. PRIORITY : MASA LAMPAU SESEORANG
  4. INTENSITY : BAGAIAMAN SIKAP ORANG TERHADAP NORMA YANG DIANUT KELOMPOKNYA.

KELEMAHAN TEORI INI ADALAH :

  1. SEOLAH-OLAH ORANG YG BERGAUL DENGN ORG JAHAT PENJAHAT
  2. SEOLAH-OLAH MANUSIA TDK PUNYA KEPRIBADIAN

n TITIK BERAT T. DA : BAHWA KEJAHATAN BERAKAR DARI MASYARAKAT DAN MERUPAKAN PENCERMINAN DARI ORGANISASI MASYARAKAT ITU SENDIRI.

  1. TINGKAH LAKU KRIMINAL ITU DIPELAJARI, TIDAK DIWARISKAN.
  2. TINGKAH LAKU KRIMINAL DIPELAJARI DALAM HUBUNGAN DENGAN INTERAKSI ORANG LAIN DALAM ST. PROSES KOMUNIKASI.
  3. BAGIAN TERPENTING DRI MEMPELAJARI TL KRIMINAL, TIMBUL DALAM ST. HUBUNGAN / KLP YG INTIM
  4. DIDALAM MEMPELAJARI TL. KRIMINAL SESEORANG AKAN MEMPELAJARI TEKNIK MELAKUKAN KEJAHATAN DAN MOTIVASI/DORONGAN-DORONGAN.
  5. DORONGAN-DORONGAN ITU DIPELAJARI DARI PENAFSIARAN ORG ITU TERHADAP KET. UU; APAKAH MENYUKAI MELANGGARA UU ATAU TDK MENYUKAI MELANGGAR UU.
  6. SESEORANG MENJADI JAHAT KRN ORG ITU LEBIH SUKA MELANGGAR UU DRPD MENTAATI UU.
  7. PERGAULAN YG BERBEDA-BEDA TERGANTUNG DARI FREKWENSI LAMANYA WKT YG DIPERGUNAKAN UNTUK BERGAUL SATU SAMA LAIN, MASA LAMPAI DAN INTENSITAS.
  8. PROSES MEMPELAJARI TL KRIMINAL JUGA POLA TL NON KRIMINAL MELIPUTI SEMUA MEKANISME YG TERJADI PADA PROSES-PROSES MEMPELAJARI HAL-HAL TSB.

n TEORI SOSIOLOGI YG MENERANGKAN KEJAHATAN DAN SEBAB-SEBAB KEJAHATAN

n T. CONDAX NORM ( CONFLICT NORMA )

n T. DEFFERENTSIAL ACCOSIATION

n T. CULTURE TRANMISSION

n T. ANOMIE

n WHY PEOPLE COMMIT CRIME

n SPIRITUAL/DEMONOLOGICAL ?

n BIOLOGICAL ?

n PSYKOLOGICAL ?

n ECOLOGICAL ?

n ECONOMICAL ?

n SOCIOLOGICAL ?

n TEORI UMUM ILMU SOSIAL TERHADAPPERILAKU JAHAT

DURKHEIM

STRAIN THEORY ANOMIE

MERTHON

T. MOTIVASI

- ATTACHMNENT - COMITMENT S. CONTROL THY SOS.BOND

- INVOLVEMENT

- BELIEF

PROSES BIROKRASI DAN SOSIAL YG MENGAKIBATKAN S’ORG RESMI SBG DEVIATAN.

T. LABELING

MENGAPA SE’ORG MENGANGGAP DIRI SEBAGAI DEVIANT

n PENDEKATAN ILMU SOSIAL TERHADAP KEJAHATAN

1. TEORI TENTANG MOTIVASI

MEMPERSOALKAN TENTANG :

1) MENGAPA ORANG MELAKULAN KEJAHATAN

2) MENGAPA ADA ORANG YG TIDAK MELAKUKAN KEJAHATAN

PERTANYAAN PERTAMA DIJELASKAN DENGAN “STRAIN THEORY”,

TEORI INI MENJELASKAN BAHWA DALAM MASYARAKAT TERDIRI DARI BERBAGAI KEBUTUHAN, NAMUN DALAM KENYATAANYA BEBERAPA ANGGOTA MASYARAKAT TIDAK BERHASIL MENCAPAI CITA-CITA SESUAI DENGAN KEINGINANNYA.

TITIK BERAT TEORI INI BHW KEJAHATAN DIPANDANG SBG ST. ADAPTASI. SHG TIDAK DIPANDANG SBG SST YG BAIK ATAU BURUK MELAINKAN SBG SST YG NORMAL.

PELOPOR TEORI INI DIDASARKAN PAD KONSEP TEORI ANOMIE. TOKOHNYA DURKHEIM DAN ROBERT MERTON.

PERTANYAAN KEDUA DIJELASKAN OLEH “SOCIAL CONTROL THEORY”

MNRT TEORI INI KITA MEMILIH MENTAATI NORMA KARENA KITA SUKA OLEH KETERIKATAN DALAM MASYARAKAT ( SOCIAL BONDS).

ADA 4 UNSUR DALAM SOSIAL BOND ( HIRSCHI ) :

  1. ATTACHMENT
  2. COMITMENT
  3. INVOLVEMENT
  4. BELIEF

n
DIKOTOMI KLASIFIKASI TEORI, MISALNYA :

n KONSENSUS VS KONFLIK

n KLASIKAL VS POSITIVISTIK

n STRUKTURAL VS PROSESUAL

n SOSIOLOGIS VS BIOLOGIS

n MAKRO VS MIKRO

n SECARA UMUM PENDEKATAN SOSIAL TERHADP MASALAH KEJAHATAN

SAKIT JIWA

KHUSUS EMOSIONAL

RENDAH MENTAL

ANOMIE

FAKTOR INTERN

USIA/UMUR

UMUM SEX

KEDUDUKAN INDIVIDU

REKREASI

PERUBAHAN HARGA

FAKTOR EKONOMI PENGANGGURAN

URBANISASI

FAKTOR EKSTERN AGAMA

BACAAN

MASS MEDIA TV

FILM, DLL

n BAGAIMANA DI INDONESIA ?

n KRIMINOLOGI SEDIKIT SEKALI MANJADI BAHASAN YANG SERIUS DALAM WACANA AKADEMIK, PADAHAL CUKUP NGETOP DALAM PEMBICARAAN WARUNG KOPI

n PENGEMBANGAN TEORITIS SANGAT MISKIN, TERUTAMA OLEH KOMUNITAS HUKUM (CONFLICTING PARADIGM BETWEEN LAW AND CRIMINOLOGY)

n PENELITIAN JUGA SAMA MISKINNYA

n PADAHAL SANGAT DIPERLUKAN UNTUK MENUNJANG PENGEMBANGAN HUKUM PIDANA DAN SPP !

n KECENDERUNGAN PENDEKATAN DALAM KRIMINOLOGI DI INDONESIA

n KONSERVATIF UNTUK KASUS KEJAHATAN KEKERASAN

n EKNOMI, UNTUK KASUS KLEJAHATAN EKONOMI

n RADICAL CONFLICT UNTUK KASUS KEJAHATAN POLITIK

n EKOLOGIS UNTUK KEJAHATAN KOLEKTIF, JUVENILE DELINQUENCY

n REAKSI MASYARAKAY TERHADAP KEJAHATAN

n REAKSI MASYARAKAT :

SIKAP SPONTAN DAN EMOSIONAL YG DIBERIKAN ANGGOTA MASYARAKAT THP MASALAH KEJAHATAN YG TIMBUL.

REAKSI MASYARAKAT MUNCUL KARENA ADA SST YANG MENGANCAM TERHADAP KEHIDUPANNYA.

n BENTUKNYA :

MENGHINDAR , USAHA UNTUK MEMBERANTAS, PEMBALASAN.

n MACAM-MACAM REAKSI MASYARAKAT :

  1. RESMI (TANGGAPAN YG DIDASARKAN ATAS HUKUM YG BERLAKU, BERUPA SPP)
  2. TIDAK RESMI (TANGGAPAN MASYARAKAT DILUAR PENGARUH ATURAN RESMI)

KEDUA REAKSI TERSEBUT PERLU MENDAPAT PERHATIAN SECARA KHUSUS

n DUA ASPEK REAKSI MASYARAKAT

  1. ASPEK POSITIF.
  1. REAKSI MASYARAKAT MELALUI PENDEKATAN-PENDEKATAN KEMASYARAKATAN SESUAI DGN LATAR BELAKANG TERJADINYA KEJAHATAN.
  2. DIDASARKAN ATAS KERJASAMA DGN APARAT KEAMANAN / PENEGAK HUKUM.
  3. TUJUAN PENGHUKUMAN ADALAH PEMBINAAN DAN PENYADARAN ATAS SI PELAKU.
  4. MEMPERTIMBANGKAN DAN MEMPERHATIKAN SEBAB-SEBAB DILAKUKANNYA KEJAHATAN.

2. ASPEK NEGATIF

  1. REAKSI MASYARAKAT SERTA MERTA ATAS DASAR LUAPAN EMOSI.
  2. DIDASARKAN ATAS KETENTUAN LOKAL YG BERLAKU PADA MASYARAKAT
  3. LEBIH BERSIFAT PEMBALASAN, PENDERITAAN, PAKSAAN, DENDAM.
  4. SEDIKIT MEMPERTIMBANGKAN DAN MEMPERHITUNGKAN LATAR BELAKANG DILAKUKANNYA KEJAHATAN.

n LANDASAN REAKSI MASYARAKAT

1. LANDASAN PRESFEKTIF HUKUM/YURIDIS

SPECIAL PREFENTION DAN GENERAL PREFENTION

  1. LANDASAN PRSFEKTIF SOSIOLOGIS.

HUKUMAN DIBERIKAN KEPADA SI PELAKU ATAS DASAR KETENTUAN MORES KELOMPOK.

( DURKHEIM: PENGHUKUMAN BUKAN UNTUK MEMBUNUH MASA DEPAN, TTP BERUSAHA UNTUK MENGHIDUPKAN KEMBALI SEMANGAT JIWA AGAR KEMBALI MENJADI WARGA MASYARAKAT YG WAJAR.

  1. LANDASAN PRESFEKTIF PSIKOLOGIS.

( OBYEKTYIF, SUBYEKTIF DAN SOSIOLOGIS)

n KERUGIAN AKIBAT KEJAHATAN

KERUGIAN MASYARAKAT RELATIF KECIL BILA :

KEMAMPUAN MASYARAKAT

SISTEM PENGAMANAN KEMAMPUAN PENJAHAT

KONSEKWENSI SPP

KERUGIAN MASYARAKAT RELATIF BESAR BILA :

KEMAMPUAN MASYARAKAT

SISTEM PENGAMANAN KEMAMPUAN PENJAHAT

KONSEKWENSI SPP

n KONSEPSI KRIMINOLOGI PENANGGULANGAN KEJAHATAN

n PUNITIF/PENGHUKUMAN/PUNISHMENT

n PERLAKUAN /TREATMENT

2 JUSTIFIKASI PUNISHMENT:

  1. AKIBAT YG DIBERIKAN ATAS KEWENANGAN KELOMPOK TERHADAP TINDAKAN ANGGOTA KELOMPOK.
  2. HUKUMAN MERUPAKAN SUATU BENTUK PENDERITAAN YG MENDAPAT PENGAKUAN SSI NILAI YG DIMILIKI

PENOLAKAN TERHADAP METODE HUKUMAN:

  1. MERUPAKAN BENTUK ISOLASI TERHADAP INDIVIDU YG DIANGGAP SBG MUSUH MASYARAKAT.
  2. PENGALAMAN PENDERITAAN YG MEMBUAT ORANG ENGGAN KEMBALI KE MASY.
  3. HUKUMAN DAPAT MENGHAPUS ATITUDE/SIKAP SESEORANG
  4. SERING MEMBERIKAN KEPADA PELAKU KEADAAN SEMENA-MENA
  5. PADA UMUMNYA TIDAK MEMEBRIKAN DORONGAN YG KONSTRUKTIF

n CLEMMER:
SEMAKIN LAMA SESEORANG BERADA DALAM PENJARA, SEMAKIN BERKURANGLAH KETAATAN SESEORANG TERHADAP POLA-POLA TINGKAH LAKU YG BAIK; DAN SEMAKIN KUATNYA KETAATAN ORANG YBS TERHADAP APA YG DISEBUT “INMATE CODE” YG BERLAKU DLAM PENJARA TSB.

DUA SISTEM CRIME PREVENTION:

  1. CARA MORALISTIK
  2. ABOLIONISTIK ( MEMBERANTAS PENYEBABNYA)

SUTHERLAND AND CRESSEY:

  1. METODE UNTUK MENANGULANGI PENGULANGAN/ PREVENTION
  2. METODE UNTUK MENCEGAH THE FIRST CRIME/REFORMATION

n PERLINDUNGAN TERHADAP KEJAHATAN SBG SUATU JAMINAN KEPASTIAN KEAMANAN APABILA :

  1. ADA USAHA UNTUK MENGUBAH PENJAHAT DENGAN CARA-CARA YG BERGUNA
  2. MENGASINGKAN MEREKA YG TIDAK DAPAT DIUBAH/DIPERBAIKI
  3. MENGASINGKAN MEREKA DARI PERKEMBANGAN DUNIA KEJAHATAN
  4. MENGHILANGKAN LINGKUNGAN SOSIAL YG MENDORONG KEJAHATAN

n PREVENTION OF DELINQUENCY AND CRIME
(RUTH S CAVAN)

  1. MEMPERHATIKAN JENIS-JENIS PELAKU ATAS KEJAHATAN YG DILAKUKANNYA;
  2. MELIBATKAN PARA AHLI BIDANG PENDIDIKAN DAN PSYKIATRIS
  3. TIDAK MENGABAIKAN GEJALA-GEJALA YG NYATA DAN TINDAKAN NYATA DARI KEJAHATAN